Berita Terkini

ALAT KONTRASEPSI IMPLAN, AMAN !
08-04-2017 09:00

Implan atau Susuk KB adalah alat kontrasepsi yang banyak di minati masyarakat di bandingkan dengan kondom, pil dan IUD.

 

Berbagai alat kontrasepsi sudah banyak dikenal masyarakat. Namun bagi pasangan muda yang ingin menjaga jarak kehamilan, mereka masih bingung untuk memilih alat kontrasepsi apa yang sesuai dengan mereka. Mengingat setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan efek yang berbeda bagi pemakainya. Juga cara kerja yang spesifik. Berbagai alat kontrasepsi yang biasa digunakan di Indonesia adalah pil KB, IUD, implan, kondom dan suntik. Untuk alat kontrasepsi yang digunakan untuk jangka panjang, sering kali ditemui banyak pertanyaan. Alat kontrasepsi implan, amankah? Ini juga menjadi salah satu yang dipertanyakan, mengingat cara pemakaiannya yang harus dilakukan oleh tenaga medis yang sudah ahli.
Alat kontrasepsi implan adalah salah satu metode kontrasepsi dengan memasukkan kapsul silastic silikon (polidemetsilixane) di bawah kulit bagian lengan kiri atas namun jika pemakai kidal, pada lengan kanan. Hal ini agar tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Atau dengan kata lain disusukkan. Mengandung hormon progesteron dengan masa kerja panjang dan dosis rendah. Alat kontrasepsi ini diperuntukkan bagi wanita. Pemasangan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang terlatih pada waktu menstruasi atau setelah melahirkan. Kontrol dilakukan seminggu setelah pemasangan implan, selanjutnya setahun sekali.
Hormon progesteron yang dilepaskan oleh alat kontrasepsi implan akan mencegah proses pembentukan endometrium dengan cara merubah lendir serviks menjadi lebih kental sehingga pembuahan akan mengalami gangguan. Disamping itu, juga mengurangi transportasi sperma dan menekan ovulasi.
Beberapa keuntungan dari alat kontrasepsi implan adalah:
§ Berlaku untuk jangka panjang, sehingga tidak perlu bolak-balik ke tenaga medis dalam jangka waktu bulanan atau meminum pil setiap hari yang terkadang orang sering lupa dan was-was.
§ Pengembalian tingkat kesuburan pun relatif cepat setelah pencabutan implant.
§ Kegiatan senggama tidak terganggu.
§ Bagi yang menyusui, kegiatan menyusui tidak terganggu.
§ Jika memutuskan untuk hamil dan mencoba alat kontrasepsi yang lain, dapat dicabut setiap saat.

 

Alat kontrasepsi implan, amankah? Pertanyaan tersebut dapat terjawab dari penjelasan di atas. Aman bagi pengembalian kesuburan, aman juga buat bayi yang disusui juga aman jika ingin berhenti dari alat kontrasepsi ini. Bila berencana untuk menggunakan alat kontrasepsi jenis ini, hubungi dokter Anda untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan rencanakan pula untuk berapa lama penggunaan kontrasepsi implan ini.