Berita Terkini

Tari Saman Badan Keluarga Berencana
24-10-2016 09:09

Kepanjen, 24 Oktober 2016. Badan KB Memeriahkan HUT - 1256 Kabupaten Malang.

Lomba Tari Saman se Kabupaten Malang dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 1256 di ikuti oleh karyawan  Badan keluarga Berencana sejumlah 30 karyawan yang di komandani Bp Amru  ( Pengawas PKB Kec Pagak). Liukan tangan dan shalawat nabi di kumandangkan dengan kompak.

untuk lebih jelasnya lihat di youtube https://www.youtube.com/watch?v=kHB5nY9RHo8

Lomba Tari saman se Kabupaten Malang di buka oleh Bpk Bupati Malang.Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa tari dan lagu merupakan bagian dari sebuah kesenian, “Seperti halnya tari Saman, kita bisa melihat dari gerakan tarinya, syair lagunya merupakan bentuk kesenian dalam rangka mendekatkan diri dengan sang pencipta,” ungkapnya.

Menurut Bupati kesenian tari saman ini harus terus di lestarikan. “Di Kabupaten Malang, Tari Saman tumbuh dan berkembang di Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak Kabupaten Malang sejak zaman dulu. Memang kesenian tari saman ini di masing-masing daerah ada, bahkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim pasti ada kesenian tari Saman. Maka dari itu kita wajib melestarikan warisan budaya ini,” terangnya.

Bupati berharap upaya keras sebagaimana telah dilakukan selama proses persiapan lomba ini tidak hanya berhenti pada pelaksanaan lomba kali ini saja. “Saya berharap kesenian ini bisa ditularkan pengetahuannya kepada masyarakat, sehingga ke depan akan lebih mudah bagi kita semua untuk menyosialisasikan kembali kesenian ini kepada masyarakat. Juga kepada para generasi muda dengan mengikuti kesenian Saman mereka tidak akan lari ke kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Tapi jutru masuk ke dalam kegiatan yang ada manfaatnya baik itu dari segi keagamaan dari sisi nilai persatuan maupu hal yang lain,” harapnya.