Detail Berita

Bimtek Pencatatan dan Pelaporan Bagi Tenaga Operator

KEGIATAN BIMTEK PENCATATAN DAN PELAPORAN BAGI TENAGA OPERATOR

 

A. Pengolahan Data Statistik Rutin Program KB Nasional

Situs Pengolahan Data Statistik Rutin merupakan sebuah apliasi berbasis web yang dikembangkan dalam rangka menyediakan informasi tentang Pencapaian Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional sesuai dengan Perka No. 225/PER/G4/2011. Situs Pengolahan Data Statistik Rutin ini merupakan hasil pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi dan pengendalian lapangan.

 

1. Pelkon

Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi (Pelkon) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek yang berkaitan dengan pelayanan kontrasepsi yang dilakukan oleh Klinik KB Pemerintah maupun Swasta, serta Dokter/Bidan Praktek Swasta sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan. Kegiatan Pelayanan Kontrasepsi yang dimaksud adalah pelayanan kontrasepsi yang meliputi pelayanan peserta KB baru (seluruh keluarga maupun pelayanan bagi keluarga Pra S dan KS I) dan pelayanan ulang kepada peserta KB (seluruh keluarga maupun pelayanan ulang bagi keluarga Pra S dan KS I) yang meliputi kegiatan pemberian kontrasepsi ulang, pencabutan dan pemasangan ulang IUD dan Implant, pelayanan ganti cara, penanganan kasus komplikasi berat, dan penanganan kasus kegagalan.

 

2. Dalap

Pencatatan dan Pelaporan Pengandalian Lapangan (Dalap) adalah suatu kegiatan mencatat dan melaporkan berbagai aspek tentang kegiatan koordinasi dan pengendalian pelaksaan program KKB di lapangan. Pengendalian Lapangan (Dalap) merupakan gambaran pelaksanaan kegiatan untuk menggarap sasaran program dari sisi permintaan (demand). Kegiatan yang terekam dalam pengendalian lapangan yaitu kegiatan lapangan yang dilakukan oleh para Petugas KB (P-PLKB) dan Petugas PIK-Remaja di tingkat Kecamatan, PLKB/PKB maupun Petugas KB di Desa/Kelurahan, Toma/Toga, IMP (PPKBD dan Sub PPKBD) maupun Kader Kelompok Kegiatan KB. Melalui Pengendalian Lapangan maka dapat dipantau mengenai hasil kegiatan operasional pengendalian lapangan, pembinaan Ketahanan Keluarga, pembinaan Kesejahteraan Keluarga, serta pembinaan PUS dan Kesertaan ber KB, khususnya bagi keluarga Pra Sejahtera dan Sejahtera I.

 

3. Laporan

Laporan merupakan menu berisi data dan informasi yang merupakan hasil olahan data yang telah diinput oleh user dan ditampilkan berupa tabel-tabel yang telah disusun/dikelompokkan berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Kategori laporan di menu laporan ini dikelompokkan menjadi Laporan Dalap dan Laporan Pelkon. Menu laporan ini dapat diakses oleh seluruh jenis user, baik user yang telah login maupun user umum sekalipun.

 

4. Cakupan

Cakupan merupakan menu yang didesain untuk memudahkan user dalam hal memantau laporan yang masuk per bulannya baik laporan dari wilayah maupun klinik. Menu ini merupakan menu yang di desain untuk menggantikan peran halaman depan yang ada pada aplikasi sebelumnya.

 

5. Grafik

Grafik merupakan menu untuk melihat data dan informasi peserta KB dan WAP yang disajikan dalam bentuk grafik.

 

6. Administrasi

Administrasi merupakan menu yang didesain untuk memudahkan user dalam melakukan kegiatan manajemen, baik mengenai tanggal pelaporan, manajemen target pencapaian, manajemen klinik dan lihat DPS dan BPS. Menu ini hanya dapat di akses oleh user ADMIN yang ada di wilayahnya.

 

B. Aplikasi SIGA

Sistem Informasi Keluarga selanjutnya disingkat SIGA adalah seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, perangkat, teknologi dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan keluarga. (Peraturan Kepala BKKBN Nomor 481/PER/G4/2016 tentang SIGA) 

Aplikasi SIGA merupakan aplikasi yang dibangun untuk mendukung pengelolaan SIGA berbasis Teknologi Informasi. Aplikasi SIGA dibangun dengan tujuan:

  1. Memberikan kemudahan bagi pengelola data dan informasi di seluruh tingkatan wilayah dalam hal mengelola data laporan tahunan dan bulanan untuk sistem pelayanan KB, pengendalian lapangan serta pemutakhiran basis data keluarga Indonesia;
  2. Memberikan kemudahan bagi pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan, juga membantu pengelola data dan informasi di tingkatan wilayah terbawah untuk mendukung kegiatan operasional;
  3. Memberikan kemudahan dalam pengelolaan (input-proses-output) data pelaporan dan statistik sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan bernilai;
  4. Meningkatkan kinerja seluruh pengelola data dan informasi di seluruh tingkatan wilayah.

 

 

 

Laporan Kegiatan

Berita Lain